Jasa Konstruksi Bangunan Jakarta — Dalam semangat geliat untuk melangkah dari negara berkembang jadi negara maju, Indonesia sedang banyak membangun. Berbagai jenis pekerjaan konstruksi dan infrastruktur pun digalakkan di semua tempat. Beragam inovasi pun dilancarkan dari tahun ke tahun, mulai dari jembatan hingga bangunan-bangunan blok rumah susun. Sebenarnya, apa saja jenis pekerjaan konstruksi dan infrastruktur di Indonesia?

Ini penting untuk Anda ketahui sebagai pengguna bisnis jasa kontraktor, atau sebagai masyarakat sipil. Setiap pekerjaan konstruksi dan infrastruktur memiliki nilai guna tinggi yakni membawa kemudahan dan kecanggihan dalam kehidupan masyarakat.

Berdasarkan jenisnya, pekerjaan konstruksi dan infrastruktur di Indonesia dibagi menjadi empat. Tapi, tak ada salahnya memulai dari paparan dasar berikut.

 

Pengertian Konstruksi Secara Umum

Konstruksi adalah hasil gabungan kinerja arsitektur dan sipil. Tujuannya mulia, yakni membangun sarana atau prasarana yang dimaksudkan untuk menunjang hajat hidup orang banyak. Dalam pengertian awam, konstruksi bisa saja disebut bangunan.

Konstruksi terdiri dari ragam struktur rumit untuk memastikan keawetan, kekuatan, keindahan, dan kebergunaannya sesuai rancang biru. Itu berarti, satu konstruksi jelas berbeda dengan yang lain.

 

Jenis Konstruksi #1: Konstruksi Jalan

Yang seringkali dipandang simpel padahal vital adalah konstruksi jalan. Jenis yang satu ini biasanya termasuk dalam planning oleh departemen pekerjaan umum atau proyek pemerintah.

Untuk membuat jalan yang layak, diperlukan proses penggalian, pengerasan jalan, pengurukan, bahkan konstruksi untuk menjaga struktur drainase. Dan sangat tidak bisa dipandang remeh. Bagaimanapun juga, jalanan akan dilalui oleh beragam kendaraan dengan bobot dan kecepatan yang berbeda-beda mulai dari becak hingga truk.

 

Jenis Konstruksi #2: Konstruksi Gedung

Jenis konstruksi yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Kontruksi ini sendiri bisa terjadi di semua kawasan baik itu di perkotaan maupun kota kecil.  Mulai dari adanya konstruksi fasilitas umum berupa bangunan institusional, tempat rekreasi hingga pendidikan.

 

Sebuah konstruksi gedung ini sendiri biasanya direncanakan oleh para arsitek maupun insinyur sipil. Sedangkan untuk material yang dibutuhkan biasanya juga lebih ditekankan pada aspek aspek arsitektural

 

Jenis Konstruksi #3: Konstruksi berat

Adapun yang termasuk ke dalam jenis konstruksi berat merupakan proyek proyek utilitas di suatu negara seperti bendungan, jalur transportasi selain jalan raya, pemasangan pipa, transportasi air hingga udara. Jenis konstruksi yang satu ini biasanya akan dibiayai oleh pemerintah dan kerjasama yang terjadi antara pemerintah dan pihak swasta.

 

Jenis Konstruksi #4: Konstruksi industri

Adapun jenis konstruksi lainnya adalah konstruksi industri. Konstruksi industri ini sendiri biasanya merupakan proyek industri yang membutuhkan spesifikasi maupun persyaratan khusus seperti kilang minyak, nuklir, pertambangan dan masih banyak lagi. Untuk perencanaan maupun pelaksanaan nya biasanya akan membutuhkan ketelitian maupun keahlian yang cukup bagus serta adanya teknologi yang cukup spesifik.

Nah, itulah empat tipe konstruksi dan infrastruktur yang ada di Indonesia. Mungkin bakal bangunan Anda adalah salah satunya?

 

× Konsultasi Lebih Lanjut ?